Struktur, Tugas Pokok dan Fungsi

Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) memiliki struktur sebagai berikut:

 

struktur-pika

Gambar 1. Struktur PIKA

Ada pun Tugas Pokok dan Fungsi pada masing-masing struktur adalah sebagai berikut:

 

  1. Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Pusat (Direktur PIKA)
  • Menyusun Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT), dan Program Kerja Pusat Inovasi dan Kajian Akademik;
  • Merumuskan inovasi dan kebijakan akademik berbasis evidence untuk merealisasikan mandat, visi, dan misi Universitas Gadjah Mada secara terintegrasi di bawah koordinasi Rektor dan Para Wakil Rektor;
  • Mengembangkan inovasi akademik dan strategi implementasinya;
  • Mengembangkan metode pembelajaran, sistem evaluasi, pemanfaatan media dan sumber belajar, serta strategi implementasinya;
  • Melakukan koordinasi dengan unit terkait untuk pengembangan dan implementasi inovasi akademik;
  • Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap inovasi akademik dan pengembangan metode pembelajaran, sistem evaluasi, serta pemanfaatan media dan sumber belajar;
  • Memberikan konsultasi kepada unit-unit untuk pengembangan dan implementasi metode pembelajaran, sistem evaluasi, dan mekanisme umpan balik;
  • Membantu melakukan evaluasi, sinkronisasi, dan penyempurnaan kebijakan untuk mendukung implementasi inovasi dan kebijakan akademik;
  • Mensinergikan berbagai kebijakan akademik;
  • Mempertanggungjawabkan semua tugas dan kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya kepada Rektor; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Rektor dan Wakil Rektor.
  1. Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris PIKA
  • Membantu Kepala menyusun Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT), dan Program Kerja Pusat Inovasi Kajian Akademik (PIKA);
  • Menyusun standar kinerja PIKA;
  • Menyusun prosedur operasi standar program-program PIKA;
  • Membantu merumuskan inovasi dan kebijakan akademik berbasis evidence untuk merealisasikan mandat, visi, dan misi Universitas Gadjah Mada secara terintegrasi di bawah koordinasi Rektor dan Para Wakil Rektor;
  • Membantu mengembangkan inovasi akademik dan strategi implementasinya;
  • Membantu melakukan evaluasi, sinkronisasi, dan penyempurnaan kebijakan untuk mendukung implementasi inovasi dan kebijakan akademik;
  • Membantu mensinergikan berbagai kebijakan akademik;
  • Bersama Direktur menyusun prosedur operasi standar program PIKA;
  • Bersama dengan Direktur (Kepala Pusat) membuat laporan kegiatan dan laporan keuangan PIKA;
  • Mempertanggungjawabkan semua tugas dan kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya kepada Kepala; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
  1. Bidang Inovasi Akademik
  • Menyusun Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT), dan Program Kerja Bidang Inovasi Akademik;
  • Membantu merumuskan inovasi akademik berbasis evidence untuk merealisasikan mandat, visi, dan misi Universitas Gadjah Mada secara terintegrasi di bawah koordinasi Rektor dan Para Wakil Rektor;
  • Membantu mengembangkan inovasi akademik dan strategi implementasinya;
  • Menyusun petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis inovasi akademik;
  • Membantu menyiapkan langkah-langkah strategis implementasi inovasi akademik;
  • Membantu mengembangkan metode pembelajaran, sistem evaluasi, pemanfaatan media dan sumber belajar, serta strategi implementasinya;
  • Membantu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap inovasi akademik dan pengembangan metode pembelajaran, sistem evaluasi, serta pemanfaatan media dan sumber belajar;
  • Membantu memberikan konsultasi kepada unit-unit untuk pengembangan dan implementasi metode pembelajaran, sistem evaluasi, dan mekanisme umpan balik;
  • Membantu menyiapkan langkah-langkah strategis implementasi inovasi akademik;
  • Mempertanggungjawabkan semua tugas dan kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya kepada Kepala Pusat; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.
  1. Bidang Kajian dan Pengembangan Kebijakan
  • Menyusun Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT), dan Program Kerja Bidang Kajian dan Pengembangan Kebijakan;
  • Membantu merumuskan kebijakan akademik jangka panjang dan menengah untuk pengembangan Universitas secara terintegrasi dan terpadu dan berbasis evidence;
  • Memanfaatkan basis data kebijakan akademik baik yang berasal dari Pemerintah Pusat (nasional), maupun internal Universitas dan melakukan analisis kesenjangan untuk pengembangan kebijakan akademik;
  • Membantu melakukan evaluasi, sinkronisasi, dan penyempurnaan kebijakan untuk mendukung implementasi inovasi dan kebijakan akademik;
  • Menyusun petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis kebijakan akademik;
  • Mempertanggungjawabkan semua tugas dan kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya kepada Kepala Pusat; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.